Video  

Captain Phillips

Captain Phillips adalah film biografi drama thriller Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh Paul Greengrass dan diproduseri oleh Scott Rudin, Michael De Luca dan Dana Brunetti. Naskah film ini ditulis oleh Billy Ray berdasarkan buku A Captain’s Duty karya Richard Phillips dan Stephan Talty. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks dan Barkhad Abdi.

Film Captain Phillips ditayangkan secara perdana di Festival Film New York pada tanggal 27 September 2013 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 11 Oktober 2013. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Richard Phillips (Tom Hanks) menahkodai kapal peti kemas MV Maersk Alabama yang berlayar dari Pelabuhan Salalah, Oman, menuju Kenya.

Menyadari tingginya kasus pembajakan di sekitar Selat Guardafui, Captain Phillips pun memerintahkan awak kapalnya untuk memperketat penjagaan.

Di tengah sesi latihan keamanan yang dipimpin Shane Murphy (Michael Chernus), Maersk Alabama mulai diintai oleh kapal perompak Somalia.

Phillips meyakini saluran radio di kapalnya mungkin sudah diretas oleh gerombolan perompak tersebut.

Berbekal dugaan ini, ia pun berpura-pura meminta perlindungan dari kapal perang yang berjaga di area Selat Guardafui.

Satu kapal memilih mundur setelah mendengar pesan yang disampaikan Captain Phillips. Hal ini pun membuat awak Maersk Alabama lega.

Sayangnya, mereka tidak mengetahui bahwa aksi ini hanyalah taktik yang dilakukan Abduwali Muse (Barkhad Abdi) bersama anak buahnya.

Karena keesokan harinya, ia berhail mengambil alih kendali di kapal peti kemas tersebut serta melakukan penyanderaan.

Captain Phillips memulai negosiasi dengan menawarkan uang tunai 30,000 Dolar yang tersimpan di brankas kapal.

Abduwali menolak tawaran tersebut karena ia memiliki rencana yang lebih besar dalam aksinya kali ini.

Ia meminta uang tebusan bernilai jutaan Dolar yang berasal dari asuransi MV Maersk Alabama.

Saksikan cuplikan film nya.