Bongkar Pasang Peralatan Perang di Dolok Panribuan

SIMALUNGUN – Perkuatan Satuan peleton peralatan siap bergabung guna mendukung kesiapan materiil satuan yang terlibat kegiatan YTP Raider 100/PS secara terintegrasi untuk merawat, memelihara dan memperbaiki alutsista yang digunakan, baik kendaraan tempur, teknologi mekanik, munisi dan senjata.

Hal ini disampaikan Kepala Peralatan Kodam (Kapaldam) I/BB, Kolonel Cpl Nunung Bachtiar Aji, di sela -sela kegiatan pelaksanaan latihan Drill tempur YTP Raider 100/PS di daerah Latihan Panribuan Kompleks, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (22/10/2021).

Dikatakan Kolonel Cpl Nunung Bachtiar Aji bahwa kekuatan satu peleton peralatan Kodam merupakan gabungan personel satuan jajaran dibawah Paldam I/BB antara lain Bengrah, Denpal, Gudmurah, Gudpalrah untuk mengikuti latihan tersebut, mempunyai skill dan berkemampuan pemeliharaan serta dapat bergerak mobile bersama pasukan lainnya, terutama dalam melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan alutsista yang digunakan.

“Tonpal dalam pelaksanaannya berada di Komando Taktis. Kegiatan satuan Peralatan Kodam I/BB yang berfungsi sebagai pembekalan dan pemeliharaan materiil peralatan, melaksanakan asistensi teknis dan administrasi materiil pergudangan dan perbengkelan, saat di medan tempur,” jelas Kolonel Cpl Nunung Bachtiar Aji.

Untuk itu, lanjutnya, satuan Tonpal akan memberikan dukungan, saat mendapatkan laporan adanya gangguan alutsista berupa kendaraan, senjata ataupun munisi bungkam di sasaran.

“Satuan peleton peralatan bergerak untuk mengidentifikasi kerusakan selanjutnya melakukan perbaikan alutsista maupun disposal munisi sehingga tidak membahayakan pasukan sendiri,” tutupnya. (#)

Pendam I/BB