Berau  

Tahapan Presentasi Makalah Peserta untuk Mengisi 8 Jabatan Lowong Kepala Dinas Dilaksanakan BKPP Berau

M. Said Kepala BKPP Berau

BERAU, GlobalDetak.com –  Pemkab Berau, melalui BKPP Berau Senin, 29/11/2021 melaksanakan seleksi terkait Lelang Jabatan untuk mengisi 8 (delapan) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang lowong, yang diikuti oleh sekitar 47 orang peserta, namun karena setiap peserta bisa memilih lebih dari satu jabatan, maka total ada 75 orang pendaftar yang terdiri dari para sekretaris dinas, kepala bidang, kepala bagian dan sekretaris kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Berau, Muhammad Said, Senin, 29/11/2021.

“Jadi untuk peserta itukan totalnya 47, karena dia bisa memilih lebih dari satu jabatan, jadi total dari 8 jabatan itu pendaftarnya 75 orang,” ujar Said.

Kedelapan Dinas/Satuan yang JPTPnya lowong tersebut adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, DPMPTSP, Bapelitbang, Dinas Perpustakaan, BPKAD, Satpol PP, Dinas Perkebunan dan Dinas Pertanian dan Peternakan.

Tahapan Seleksi

Seleksi untuk mengisi 8 JPTP melalui lelang jabatan itu terdiri dari 4 tahapan, yakni tahap seleksi administrasi, tahap penulisan makalah dan presentasi, tahap assesment, dan tahap wawancara.

Said menambahkan bahwa untuk seleksi administrasi terkait dengan eselonnya, pangkat dan pendidikannya, sementara tahap penulisan makalah dan presentasi banyak kriterianya antara lain termasuk materi penilaian, isi dari makalah, dan pada saat presentasi dinilai kesesuaian antara makalh dan presentasi dan kemampuannya menyampaikan ke panitia seleksi terkait program-programnya kalau dia terpilih. Sementara pada tahap assesment itu lebih kepada test psikologi dari masing-masing peserta, kemudian tahap akhir adalah wawancara.

Senin ini dimulai tahap penulisan makalah dan presentasi dari masing-masing peserta di hadapan panitia seleksi yang juga dihadiri Sekda Berau.

Dari semua peserta, tambah Said, semua hasil tahapan seleksi akan dilakukan  rangking dengan sistem scoring, yang akan diperoleh 40 peserta.  Kemudian setelah selesai semua tahapan diikuti peserta, semua nilai peserta dikumpul dan akan diambil 3 besar untuk masing-masing jabatan.

Masing-masing 3 besar untuk 8 Jabatan (JPTP) itu, atau 24 orang peserta yang dinominasikan untuk mengisi 8 jabatan lowong itu akan dimintakan persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Dan setelah mendapatkan persetujuan dari KASN, nama-nama yang disetujui KASN akan diserahkan oleh KASN ke Bupati Berau untuk menetapkan 8 peserta yang terpilih untuk mengisi 8 jabatan lowong tersebut. Sedangkan yang tidak terpilih akan kembali ke jabatan masing-masing sebelumnya.

Kepala BKPP Berau berharap tahapan akhir seleksi ini akan selesai dan diikuti pelantikan pada Januari 2022 yang akan datang.

“Insya Allah kalau melihat kompetensinya kita berharaplah jabatan-jabatan ini terisi oleh orang-orang yang punya kemampuan, punya integritas dan mampu untuk bersinergi dengan kepala daerah dalam melaksanakan programnya,” pungkasnya. (ist)