Kegiatan Ketahanan Pangan Satgas Kodim Maluku Yonarhanud 11/WBY, Dengan Menanam Tanaman Palawija di Desa Biloro

IMG-20220123-WA0024
IMG-20220123-WA0023

MALUKU –  Salah satu cara yang dilakukan petani Indonesia untuk meningkatkan produksi pangan adalah dengan menanam tanaman palawija. Anggota Pos Ramil Air Buaya Satgas Kodim Maluku Batalyon Arhanud 11/WBY, melaksanakan kegiatan Ketahanan Pangan dengan membantu menyiapkan lahan pertanian untuk tanaman Palawija milik Bapak Syahrul (43), anggota Kelompok Tani Desa Biloro, dengan luas lahan 50x50m di Desa Biloro, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan, Maluku, Minggu (23/1/2022).

Penyiapan lahan untuk tanaman Palawija ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh anggota Kelompok Tani Desa Biloro sebelum menanam tanaman tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil panen yang sesuai dengan harapan, karena untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan harus dimulai dari awal, yaitu sejak dilakukan pengolahan lahan sampai tanaman itu bisa di panen. Lahan cocok tanam diolah untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai media tumbuh tanaman Palawija.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat berbagai jenis tanaman palawija yang akan ditanam oleh Bapak Syahrul. Mulai dari jenis kacang-kacangan, umbi, hingga rempah. Masing-masing jenis tanaman palawija ini pun termasuk bahan makanan yang sering dikonsumsi dan dibutuhkan oleh masyarakat Desa Biloro.(Pen Yonarhanud 11/Wby)