Wujudkan Sinergitas, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama CIQS lakukan Patroli Bersama di Perbatasan

IMG-20220126-WA0010
IMG-20220126-WA0009
IMG-20220126-WA0007
IMG-20220126-WA0008

BENGKAYANG, KALBAR – Guna mencegah dari segala bentuk tindakan ilegal di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns bersama CIQS antara lain Bea Cukai, Imigrasi, Karantina Pertanian, Koramil, Kepolisian, BKSDA, PSDKP dan BKIPM Jagoi Babang melakukan patroli bersama di wilayah PPLB Jagoi Babang Kec. Jagoi Babang Kab. Bengkayang.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau, Rabu (26/02/2022), mengatakan 2 personel pos Koki Jagoi Babang dipimpin Sertu Langgeng ikut dalam patroli bersama menyusuri Perkebunan Sawit Bukit Jagoi Indah (BJI) Kec. Jagoi Babang, Kab. Bengkayang.

Dansatgas mengungkapkan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns memiliki tugas pokok melaksanakan pengamanan perbatasan salah satunya adalah melakukan patroli bersama CIQS yang telah terbentuk di wilayah perbatasan guna mencegah segala bentuk tindakan ilegal di wilayah perbatasan.

Kegiatan patroli bersama ini diawali dengan melakukan pengecekan dan briefing di kantor Balai Karantina Pertanian kelas I Entikong Wilayah Kerja Jagoi Babang, setelah itu dilaksanakan patroli bersama dengan sasaran yang agak sulit di tempuh wilayah perkebunan BJI. Dalam patroli kali ini tidak ditemukan adanya tindakan ilegal di sepanjang wilayah perbatasan, terang Dansatgas.

“Patroli bersama CIQS ini akan dilakukan secara rutin untuk mencegah segala bentuk kejahatan ataupun pelanggaran yang dapat merugikan masyarakat sekitar perbatasan khususnya warga negara Indonesia,” ujar Dansatgas.

Terpisah Dan SSK II Koki Jagoi Babang, Lettu Inf Oki Abri Maestro, S.Tr.Han mengatakan kegiatan Patroli Bersama di perbatasan wilayah Jagoi Babang merupakan suatu kegiatan rutinitas untuk meminimalisir kejahatan lintas negara selain itu juga demi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat perbatasan.

“Patroli bersama CIQS ini dilaksanakan guna meningkatkan keamanan, kedisiplinan dan kewaspadaan personel Satgas Pamtas dalam hal apapun untuk menjaga perbatasan RI-Malaysia,” ucap Lettu Inf oki.

Sementara itu PJ Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Entikong Wilker Jagoi Babang, Bapak Ariyanto mengatakan patroli bersama ini dilakukan untuk menjalin hubungan silaturahmi personel Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns dengan instansi terkait sehingga terwujud Sinergitas antar instansi guna memberikan rasa aman dari tindak kegiatan Illegal di wilayah perbatasan.

“Kami berharap kedepan patroli ini dapat dilakukan secara rutin, untuk mencegah segala bentuk tindakan ilegal dan mempererat sinergitas antar instansi,” ucapnya (Pen Satgas Pamtas 643).