Berau  

SDN 001 Sambaliung Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Dengan Menggelar Karnaval

BERAU, GlobalDetak -Pada Jum’at tanggal 28 Oktober 2022 adalah Hari  Sumpah Pemuda yang merupakan ukiran sejarah para anak bangsa di 94 tahun silam, dan selalu diperingati sebagai hari bersejarah bangsa Indonesia.

Dari dunia pendidikan, SD Negeri 001 Sambaliung memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun kali ini dengan mengusung tema “Kibarkan Semangat Untuk Membangun Bangsa Kita Tercinta” dan menggelar Karnaval Budaya Nusantara.

Para siswa dan guru mengenakan ragam busana adat Nusantara berjalan santai disepanjang jalan tepian Sambaliung dengan mendapat pengawalan dari personil Polsek Sambaliung.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 001 Sambaliung Matal S.Pd.SD setelah apel pagi menyampaikan kegiatan karnaval diupaya berlangsung untuk setiap tahun, dikarenakan bagian dari motivasi para pelajar untuk mengenal ragam budaya dan sejarah dalam mempersatukan bahasa dan bangsa Indonesia.

“Supaya anak didik bisa mengenang sejarah bangsa ketika menyatukan bahasa, yang kemudian anak-anak (siswa) mungkin kurang mengenal sejarah, kita sebagai guru pendidik disini bertanggungjawab berusaha mengenalkan kembali,” tutur Matal diruang Kepala Sekolah, Jum’at (28/10/2022).

Selanjutnya, Matal juga mengingatkan kalau tidak ada para pejuang dulunya, bahkan sebelum Indonesia merdeka, kita belum tau menikmati kemerdekan seperti sekarang.

“Agar generasi muda mengerti apa yang telah diperjungkan dan dikumandangkan pada 28 Oktober 1928,” ucapnya.

Selain itu, Rusli sebagai warga sambaliung yang turut melihat karnaval merasa senang dengan barisan pakaian adat yang dikenakan para pelajar, namun dirinya berharap di tahun-tahun berikut bisa diikuti lebih ramai lagi dari TK, SD, SMP, SMA sederajad. (Red)

error: Content is protected !!