Kecamatan Tanjung Redeb Sebagai Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran Ke-54 Tingkat Kabupaten Berau

BERAU, GlobalDetak -Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Berau yang berlangsung sejak Sabtu 17 November 2023 lalu resmi berakhir tadi malam, Rabu22 November 2023.

MTQ yang diikuti ratusan santri dari 13 kecamatan se-Kabupaten Berau ini telahpun resmi ditutup oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas di arena utama MTQ Kecamatan Batu Putih.

Penutupan akhir pelaksanaan MTQ Ke-54 ini ditandai dengan penekanan sirine dan dengan penyerahan piala bergilir pada Kecamatan Tanjung Redeb yang telah berhasil meraih sebagai juara umum.

Sebelumnya, di ikuti dari 636 kafilah dengan jumlah sembilan katagori yang di perlombakan. Setelah melalui tahap penilaian dewan juri akhirnya Kecamatan Tanjung Redeb kembali menjadi juara umum dengan mengumpulkan 109 poin terdiri dari juara satu 17, juara dua 6 dan juara ketiga 6.

Sementara pada urutan kedua diraih Kecamatan Sambaliung dengan mendapatkan juara satu 5, juara dua 9 dan juara tiga 7 dengan nilai 59. Kemudian peringkat ketiga diraih Kecamatan Pulau Derawan, dengan juara satu 5, juara dua 2 dan juara tiga 1 dengan total nilai 28.

Bupati Sri Juniarsih, mengharapkan even tahunan ini tidak hanya ditujukan untuk pencapaian piala semata. Karena menurutnya inti dari pelaksanaan ini adalah mencetak generari-generasi yang berakhlak mulia yang mencintai Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

“Agama menjadi pondasi kuat bagi generasi kita kedepannya. Sebagai penerus tonggak pembangunan,” tegasnya.

Melalui kegiatan dan even seperti MTQ ini diharapkan menghindarkan generasi muda dari kegiatan yang negatif.

“Target yang akan dicapai merupakan jangka panjang yaitu membumikan Al-Quran. Hal yang sama juga berlaku bagi pemeluk agama lain, dengan intens melakukan kegiatan agamanya masing-masing,” tegasnya.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada para pemenang, untuk tahun 2024 mendatang Kaltim ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ tingkat nasional. Persiapan pun harus dilakukan sejak awal untuk mengirimkan para kafilah terbaik.dan sementara itu tuan rumah MTQ tingkat kabupaten pada tahun 2024 nantinya ditetapkan di Kecamatan Maratua.

 

(Abr)

error: Content is protected !!