Lembaga Ormas Menjaga Keutuhan Keharmonisan Jelang Pemilu 2024

BERAU, GlobalDetak -Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Berau menjelang Pemilu 2024 di laksanakan pada 5 Desember 2023, pukul 08:30 Wita, bertempat di Derawan Indah Hotel, Jl. Panglima Batur, Kecamatan Tanjung Redeb.

Sekitar 70 orang hadir pada kegiatan tersebut dari sejumlah Jajaran Perangkat Daerah serta berbagai element organisasi masyarakat, LSM dan Kepemudaan juga para undangan lainnya.

Kegiatan berlangsung hikmat, di hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Berau, Muhammad Said, SH, MH, Sekretaris Kesbangpol Ir. H. Sulkifli.N, dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Berau, juga perwakilan dari berbagai elemen masyarakat seperti Sultan Sambaliung (Datu Amir), dan perwakilan Kesultanan Gunung Tabur.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Berau Muhammad Said mengatakan yang menjadi sorotan utama bahwa di tahun 2024 nanti merupakan tahun politik, diharapkan bersama dapat menghindari situasi yang rentan terhadap gesekan sebagai pemicu mengganggu keharmonisan dalam bermasyarakat. Dimana dukungan organisasi masyarakat sangat diperlukan dalam menciptakan suasana yang rukun dan damai.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Muhammad Said menekankan pentingnya peran ormas sebagai mitra kerja pemerintah di dalam fungsi penyeimbang di tengah masyarakat.

“Para pemimpin ormas diharapkan dapat memberikan arahan kepada anggotanya untuk menghindari perselisihan, terutama dalam penggunaan media sosial yang rentan menimbulkan konflik” ujarnya.

Selain itu, dikatakanya seluruh elemen keorganisasian diharapkan dapat terlibat langsung dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024 nantinya sehingga berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama.

Sekretaris Daerah kembali mengingatkan untuk menjaga keutuhan keharmonisan masyarakat serta dapat menghindari benturan yang dapat memecah belah kerukunan baik yang telah terjalin.

Pemerintah Kabupaten Berau melalui Sekretaris Daerah juga menginstruksikan lembaga dan instansi terkait untuk memperkuat kualitas kelembagaan ormas.

Hal ini sebagai bentuk pemantapan sistem tata laksana yang merupakan implementasi dari peraturan perundang-undangan tentang partai politik dan organisasi kemasyarakatan.

(Redaksi)

error: Content is protected !!